mobkas


Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas (overheat)



Mungkin anda salah satu pembeli mobil bekas yang kondisi mesinnya cepat panas (overheat). Kondisi ini memang sering terjadi pada mobil tua, dimana beberapa onderdil sistem pendingin sudah tidak layak pakai lagi. Pada dasarnya penyebab mobil cepat panas adalah karena sistem pendingin tidak bekerja dengan baik atau mesin menghasilkan panas berlebihan.

Mesin menghasilkan panas berlebihan umumnya disebabkan oleh saluran udara kotor sehingga timbul masalah pada pencampuran udara dengan bahan bakar pada mesin. Agar kita ketahui bersama bahwa setiap proses pembakaran dalam mesin membutuhkan bantuan udara. Mixing bahan bakar dengan udara kurang pas juga bisa disebabkan karena ada kesalahan pada sistem supply bahan bakar. Kedua hal ini adalah penyebab utama mesin mobil cepat panas.

Selain itu mesin juga bisa cepat panas karena timing pengapian, dimana waktu pengapian yang terlalu cepat pasti akan membuat pembakaran dalam mesin menjadi berlebihan sehingga mesin cepat panas. Biasanya pengapian cepat ini disebabkan adanya error pada ignition timing mobil atau bisa juga karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai (kualitasnya rendah).

Sistem pendingin mesin mobil bermasalah, biasanya disebabkan kurangnya cairan pendingin karena adanya bocor atau ada kerusakan pada radiator. Jika ini terjadi sudah pasti penyerapan panas pada sistem pendingin mobil tidak akan sempurna.

Sistem pendingin bisa juga kurang sempurna karena sirkulasi cairan pendingin bermasalah, coba periksa pompa air radiator apakah masih kuat atau selangnya kendor. Bagian ini juga bisa tersumbat oleh kotoran. Periksa juga katup thermostat apakah membuka dengan baik atau tidak.

Selain sistem penyerapan panas pada mobil yang bermasalah, mesin cepat panas juga bisa karena sistem pembuangan panas yang tidak sempurna. Umumnya hal ini disebabkan kotornya radiator atau kipas tidak bekerja dengan baik.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil cepat panas (overheat) yang saya ketahui. Jika masalah ini terjadi pada mobil maka sebaiknya segera lakukan sevice terutama pada bagian pendingin, radiator dan cek sistem pembakaran mesin. Setiap penggantian onderdil mobil bekas selalu gunakan sparepart yang asli.

Labels:


Share to

FacebookGoogle+TwitterDigg

posted by hubungi via Contact

Beri komentar mobkas: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas (overheat)

komentar mobkas: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas (overheat)